My Favourite Pic

My Favourite Pic
Like a so much
Powered By Blogger

Simak Qur'an dengan hati yang tenang let's Go...

Lihat Tangal Sekarang Tuh,......biar gak lupa... okey..

Senin, 08 September 2008

Netiquette

Istilah netika (netiquette) dan penggunaannya diciptakan sejak internet mulai merajarela. Maksud dan tujuannya adalah, agar tidak membuat internet menjadi sebuah dunia tanpa etika dan hukum, dimana seolah2 orang bisa berbuat sesukanya sendiri.

Karenanya ada beberapa cara dan peraturan yang mesti ditaati, seperti di Real Life.
Bahkan ada yang membuat Ten Commandments of Netiquette:

- Rule 1: Remember the Human
Peraturan pertama: Ingatlah lawan bicaramu / pembaca tulisanmu.

Dari kecil kita selalu diajari agar berbuat baik pada orang lain jika ingin orang tersebut baik pada kita. Jika kita jahat padanya, dia akan jahat pada kita. Simple kan? Hal yang sama berlaku di internet, dan merupakan peraturan dasar dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, yang kita lihat hanya layar monitor. Tidak ada ekspresi muka, nada suara, maupun bahasa tubuh. Yang kita lihat dimonitor hanya tulisan dan kata2. Begitu juga dengan lawan bicara kamu.

Sangat mudah untuk salah faham ketika berbicara hanya dengan tulisan dan kata2. Banyak kasusnya perdebatan pribadi yang tidak sehat terjadi akibat salah faham. Sang TS sendiri sangat banyak kasus seperti ini, dan sang TS juga yakin bahwa kamu punya pengalaman yang sama.

Yang jadi pertanyaan ialah, "Apa kamu bisa mengatakan hal yang sama pada orangnya di real life?"

Jika tidak, cobalah baca ulang dan perbaiki kata2 yang kira2 tidak berkenan. Tulis ulang dengan kata2 lain kalau bisa. Yakinkan diri sendiri bahwa perkataan kamu sudah nyaman untuk dikirimkan pada orang lain yang merupakan manusia juga.

Tentu saja, bisa juga merasa nyaman dengan mengirimkan kata2 kasar pada orang lain, terutama ketika lagi emosi. Tapi disini kamu sudah melanggar netika sebagai pengguna internet, dan melanggar etika sebagai manusia yang hidup dan memiliki akal dan perasaan..

Jika kamu mengirimkan kata2 kasar pada orang lain, hal itu bisa menyerangmu balik. Istilah dalam bahasa inggrisnya - yang dijadikan lirik dalam lagu oleh Linkin Park - you reap what you sow; "kau panen apa yang kau tanam".

Rule 2: Adhere to the same standards of behavior online that you follow in real life
Peraturan kedua: Lakukan kelakuan yang biasanya kamu lakukan di real life

Biasanya di real life, orang cenderung patuh pada peraturan, meskipun tidak berlaku bagi kebanyakan orang indonesia. Paling tidak, kebanyakan dari mereka juga menghargai dan menghormati perasaan satu sama lain. Tapi di internet, beberapa orang mengganggap kode etik itu tidak perlu.

Cara berpikir seperti inilah yang salah.

Bagaimanapun juga, peraturan dibuat untuk dilanggar kenyamanan bersama. Bukan berarti otoriter atau sok ngeboss, tapi jika demi kenyamanan bersama, egois sekali menentang arus. Jika dipatuhi, maka semua orang akan nyaman. Jika tidak dipatuhi, sama seperti di real life, akan selalu ada / berbuntut kejadian tidak menyenangkan.


Rule 3: Know where you are in cyberspace
Peraturan ketiga: Ketahuilah keberadaanmu di dunia maya

Sesuatu yang diterima disuatu tempat, bisa jadi tidak diterima di tempat lain. Misalnya posting game di subforum Fun Arena sangat diperbolehkan, malah sangat dianjurkan, karena subforum itu memang tujuannya untuk having fun. Tapi jika kamu mempostingnya di daerah diskusi, kamu akan menjadi tidak populer disana.

Karena netika itu berbeda di setiap tempat, maka sangat penting untuk mengenali daerah2 tersebut. Seperti kata pepatah:

Lurk before you leap - "perhatikan sebelum mengambil aksi"
thx to deidora for that interpretation

Ketika berada disuatu komunitas online, terutama yang menjadi pengalaman baru buatmu, berkelilinglah. Luangkan waktu untuk membaca dan memperhatikan arus pembicaraan, atau baca archive. Kenali gaya orang2 berinteraksi disana. Lalu bergabunglah.

Tidak ada bedanya ketika kita berkomunikasi juga secara online di dunia maya (Cyberspace). Bagaimana kita akan dianggap, tipe orang seperti apakah kita, kredibilitas kita, profesionalisme dan etika (akhlak) kita akan dinilai dengan bagaimana kita berkomunikasi dengan orang line secara online.

Untuk itu, ada beberapa etika yang perlu diketahui ketika kita berkomunikasi dengan orang. Berikut ini adalah beberapa hal dasar yang perlu diketahui (Common Courtesies):

1. Jangan menulis dengan huruf besar
Menulis dengan huruf besar sama dengan berteriak. Orang tidak suka berkomunikasi dengan orang yang berteriak-teriak, seolah-olah dia tidak mendengarkan
2. Menahan diri dari menggunakan huruf berwarna dan gambar/warna background.
Pilihan warna akan mempersulit pemrosesan email, dan bisa mengakibatkan sulit dibaca, sehingga isi yang ingin disampaikan tidak sampai.
3. Pada saat dimana kita perlu mengirimkan email ke beberapa orang atau group, gunakan fasilitas BCC (Blind Carbon Copy), sehingga email orang lain yang menerima email kita tidak bisa dilihat oleh penerima yang lain. Daftar email yang panjang di field Cc: menunjukkan bahwa si pengirim masih belajar ber-email atau tidak menghargai "privacy" orang lain.
4. Untuk orang yang baru ber-email, ingat hal berikut:
* Jangan mem-forward "dumb joke", "chain letter", atau "unimportant email" tanpa permisi orang lain
* Mem-forward email bisa membuat penuh "mailbox" orang lain, menghabiskan "resources" orang lain, dan bisa menyebabkan email mental
* Mereka mungkin sudah pernah lihat email tsb dan tidak menyukainya
* Mem-forward "humorous email" bisa menyinggung perasaan orang atau merasa bosan dengan mendapatkan email yang sama dari seseorang yang baru belajar online
5. Jangan pernah memberikan nomor telepon atau personal information
6. Gunakan Internet untuk mencari informasi yang diperlukan
Gunakan search engine yang tepat
7. Jangan gunakan "Return Receipt" untuk setiap email yang dikirim
Seolah-olah kita ingin tahu apakah mereka membuka email yang kita kirim
8. Setiap orang masih belajar
Internet berubah setiap hari, dan kita semua harus mempelajari perubahan yang ada
9. Kalau menerima "nasty" email, jangan langsung membalas
10. Ingat bahwa email pribadi adalah hak cipta si penulis
Jika ingin memforward email pribadi, sempatkan meminta izin dari penulis
11. Selalu minimize atau kompress file menjadi "zip" file dengan attachment
Tidak semua orang mempunyai hi-speed internet access, dan tidak semua orang mempunyai kapasitas email yang tidak terbatas
12. Jangan memforward "virus warnings"
Kebanyakan email "virus warning" adalah "hoax" atau "tipuan". Periksa dulu di http://securityresponse.symantec.com/avcenter/hoax.html sebelum mengirim email.

Tidak ada komentar:

Syukron Jazamululloh.......Hadanalloh waiyyakum....