My Favourite Pic

My Favourite Pic
Like a so much
Powered By Blogger

Simak Qur'an dengan hati yang tenang let's Go...

Lihat Tangal Sekarang Tuh,......biar gak lupa... okey..

Arsip Blog

Jumat, 07 November 2008

Forum Islam-Katolik Keluarkan Seruan Penghormatan Terhadap Kesucian Agama

Friday, 07 November 2008

ImageForum Islam-Katolik pertama yang diselenggarakan di Roma, Italia, kemarin berakhir dengan mengeluarkan deklarasi bersama yang menyerukan penghormatan terhadap simbol-simbol kesucian agama dan para tokohnya. Forum yang berlangsung selama 3 hari tersebut dihadiri oleh 58 ulama dan para pimpinan uskup Katolik dari berbagai negara. Forum Katolik-Islam rencananya akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Dalam deklarasi tersebut, para peserta forum sepakat akan terus mengupayakan perlindungan dan penghormatan bagi hak-hak kaum minoritas baik kalangan kristen maupun muslim.

Deklarasi itu juga menyerukan untuk terus dilakukan dialog yang membangun yang didasarkan atas prinsip-prinsip saling menghormati dan kecintaan antara sesama pemeluk agama samawi.

"Kami tegaskan bahwa umat katolik dan kristen terpanggil untuk menjadi perekat hubungan dan keharmonisan antar sesama manusia, serta membuang jauh segala bentuk pemaksaan, kekerasan dan teror," kata deklarasi tersebut seperti dikutip Al Arabiya. Deklarasi juga menyerukan agar semua pihak terkait untuk memberikan kebebasan kepada para pemeluk Kristen dan Islam untuk melaksanakan kegiatan ibadahnya.

Forum Katolik-Islam diselenggarakan sebagai wujud kepedulian 275 tokoh muslim yang tergabung dalam manifesto Common Word untuk memajukan dialog antara Kristen-Islam, khususnya setelah hubungan kristen-Islam memburuk setelah munculnya pernyataan Paus Benediktus XVI yang mengkaitkan kaum muslimin dengan kekerasan di masa lalu. Pernyataan paus tersebut telah mengundang aksi protes dari massa muslim di berbagai negara. [syarif/alarabiya/www.suara-islam.com]

Tidak ada komentar:

Syukron Jazamululloh.......Hadanalloh waiyyakum....