My Favourite Pic

My Favourite Pic
Like a so much
Powered By Blogger

Simak Qur'an dengan hati yang tenang let's Go...

Lihat Tangal Sekarang Tuh,......biar gak lupa... okey..

Arsip Blog

Jumat, 07 November 2008

Hari Kedua Forum Islam-Katolik Bahas Masalah Kebebasan Beragama di Negara-Negara Islam

Thursday, 06 November 2008

ImageMemasuki hari ke-2 kemarin, para pemuka Muslim dan Vatikan terus berdialog melakukan pembicaraan bersejarah di Roma dalam Forum Islam-Katholik Pertama yang telah berlangsung sejak Selasa (5/11). Forum yang digagas untuk menjalin dialog antaragama yang lebih baik itu bertemakan "Cinta Tuhan, Cinta Saudara Dekat ". Pertemuan 3 hari di Roma itu dihadiri oleh 50 pemuka agama dari kedua belah pihak

Di hari pertama, para delegasi yang masing-masing diwakili 28 orang itu membahas masalah teologi dari sisi agama Islam dan Kristen dalam sidang tertutup. Acara sesi sebelumnya didahului dengan mengheningkan cipta untuk berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. kemudian pada hari kedua pada rabu, para delegasi membahas tema masalah kebebasan beragama di negara-negara Islam.

Rencananya pada Kamis (6/11) para delegasi muslim akan bertemu dengan Paus Benekdiktus XVI setelah forum ditutup.

Dalam pernyataan sebelumnya, pemimpin delegasi muslim, mufti Bosnia, Mustafa Ceric mengatakan forum ini diselenggarakan dalam kerangka pelaksanaan manifesto bersama yang ditandatangani oleh 275 ulama muslim dari berbagai negara. Manifesto itu disampaikan kepada Paus Benediktus di Vatikan dan para uskup di berbagai gereja di dunia.

Manifesto itu menyerukan kepada Paus untuk mendorong dialog antar agama yang lebih besar, khususnya setelah hubungan antara Katolik dan Islam sempat memburuk setelah pidato Paus Benekditus XVI Tahun 2006, yang mengkaitkan Muslim dengan kekerasan di masa lalu.

Salah satu delegasi muslim, Tarek Ramadhan asal Swiss mengatakan hasil dialog ini lebih banyak positifnya daripada negatif karena telah menggerakan rasa tanggung jawab bersama dari para pimpinan Katholik dan Kristen di Barat untuk menjaga hubungan antara Islam dan Kristen katholik.

Sementara itu, pimpinan delegasi Kristen mengatakan forum ini telah membuka lembaran baru dalam sejarah hubungan antara umat Kristen dan Islam. [syarif/alj/www.suara-islam.com]

Tidak ada komentar:

Syukron Jazamululloh.......Hadanalloh waiyyakum....