My Favourite Pic

My Favourite Pic
Like a so much
Powered By Blogger

Simak Qur'an dengan hati yang tenang let's Go...

Lihat Tangal Sekarang Tuh,......biar gak lupa... okey..

Arsip Blog

Kamis, 30 Oktober 2008

Sabtu, Ka'bah akan Dicuci

Thursday, 31 July 2008 07:32

Khadimul Haramaian Raja Abdullah bin Abdul Aziz direncanakan akan mencuci Ka'bah sebagai tradisi turun temurun Sabtu, Agustus depan

ImageHidayatullah.com--Gubernur Mekah Khalid Al-Faisal mewakili Khadimul Haramaian Raja Abdullah bin Abdul Aziz akan mencuci Ka'bah sebagai tradisi turun temurun pada hari Sabtu, 2 Agustus mendatang yang bertepatan dengan 1 Syakban 1429 Hijriyah.

Bersama Khalid akan ikut pula para pimpinan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta beberapa udnangan lainnya. Demikian seperti diberitakan harian Al-Watan edisi Selasa, 29 Juli.

Ka'bah akan dicuci dengan air mawar dan zamzam. Pencucian Ka'bah pada bulan Sya'ban ini adalah pencucian ruangan dalam Ka'bah dengan mencuci tembok bagian dalam dengan air wangi tersebut.

Prosesi

Sebagaimana diketahui, tradisi pencucian Ka`bah akan dijaga ketat oleh pasukan khusus. Mereka melakukan pagar betis mengelilingi Ka`bah. Namun tidak melarang jemaah yang melakukan shalat.

Biasanya, kunci Ka'bah dipegang oleh suku Bani Shaybat. Anggota suku tersebut menyambut tamu untuk masuk ke dalam Ka`bah saat prosesi pencucian. Upacara pencucian dimulai dengan Gubernur Mekah yang memimpin para tamu membersihkan dinding Ka`bah dengan menggunakan sapu. Baru kemudian Ka`bah dicuci dengan air Zam Zam yang dicampur bunga mawar

Sebelum melakukan pencucian, dilakukan tawaf dan sholat sunnah dua rakaat. Ritual pencucian Ka`bah dilakukan dengan cara menggosok dinding Ka`bah dengan kain yang sudah dibasahi wewangian Zam Zam.

Kain penutup Ka`bah atau kiswah dibuka dan tangga khusus diletakan ke pintu Ka`bah untuk keluar masuk tamu. Pencucian Ka`bah dilakukan sebanyak dua kali tiap tahun. Satu kali sebelum bulan Ramadhan dan satu kali lagi pada musim haji. Pencucian Ka`bah dilaksanakan, mengikuti Rasulullah SAW yang membersihkan Ka`bah saat Nabi berhasil menaklukkan Mekah pada tahun ke-8 Hijriah. [ihj/hid/cha/www.hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Syukron Jazamululloh.......Hadanalloh waiyyakum....